Kamis, 12 Januari 2012

Komparasi Mitsubishi Triton vs Nissan Navara vs Ford Ranger

OTOMOTIFNET - Saat tulisan ini dibuat, Badan Metereologi dan Geofisika(BMG) baru saja merelease pengumuman. Isinya singkat dan padat: Waspada angin kencang, petir dan hujan deras. Sebulan ke depan kita akan diberi ‘pemanasan’ oleh alam dengan hujan sedikit  di atas rata-rata. Namun efeknya sudah bikin kalang kabut seperti kemacetan dimana-mana. Puncaknya diperkirakan Februari tahun depan.
   
Memori warga Jakarta bisa terulang ke 2007 dengan ribuan sedan dan MPV mogok terendam di tengah jalan. Bahkan MB S-class presiden Susilo Bambang Yudhoyono terpaksa di derek ke Istana karena mogok di jalan Thamrin. Boleh jadi ini saatnya mencari kendaraan alternatif. Bukan membeli perahu, namun waktunya mencari mobil tahan banting. Apakah double cabin berikut ini sebuah kesempatan dalam kesempitan mendatang?

KENYAMANAN

Nyemplak Ranger benar-benar terasa macho. Sayangnya, karakter suspensinya pun relatif keras dan mengesampingkan kenyamanan berkendara. Sedangkan duduk di kabin Triton terasa seperti di kabin sedan, seperti jarak jok ke lantai lebih dekat dibanding yang lain. Begitu juga dengan jok belakang Triton, sandaran lebih landai dan leg room lega, duduk jadi nyaman. Tetapi bicara bantingan suspensi, Navara memang paling empuk. Uniknya, meski dikebut sampai 180 km/jam pun tetap nyaman dan cukup stabil.

Ranger  : * *
Navara : * * * *
Tritron  : * * *


FITUR
Kalau mencari double cabin yang hanya bisa dipakai berenang di banjir bisa ambil Ranger. Pasalnya fitur yang ada benar-benar tergolong standar, tak ada kurang tak ada lebih. Namun jika ingin lebih mewah bisa ambil Navara. Pasalnya sudah ada penunjuk arah mata angin yang akan dituju. Tujuh arah mata angin siap dilihat pada spion dalam. Bukan berupa anak panah, namun hanya tulisan saja. Membuat pengendara tak mudah tersesat di daerah yang tak dikenal.
   
Ingin lebih advance lagi? Silakan gamit Triton. Pasalnya di mobil dengan warna biru sebagai dasar cluster meter ini terdapat MID (Multi Information Display). Siap dipantau mulai konsumsi solar rata-rata, kecepatan rata-rata, jarak tempuh yang bisa dicapai dengan solar berada di tangki, ketinggian (altimeter), barometer, kompas, suhu luar dan jam. 
   
Jika suatu waktu butuh perangkat penggerak 4 roda, aplikasi di Navara lebih enak. Tinggal putar tombol yang ada, sedang kedua rekannya harus menggunakan tuas yang terpisah dari tuas perseneling.

Ranger  : * *
Navara : * * *
Tritron  : * * * *


PERFORMA
Ketiga D-Cab ini menyuguhkan keasyikkan berkendara dengan mobil 4WD sejati. Torsi besar bisa diraih ketiganya. Tetapi paling unggul diperoleh dari balik kap mesin Nissan Navara, akselerasinya cepat, kemudian dikejar oleh Ford Ranger yang kapasitas mesinnya lebih besar, sementara Mitsubishi Triton berada di belakangnya. Soal pengendalian, tak terpaut jauh di antara ketiganya.

                                           Ranger         Navara         Triton
Akselerasi (detik)
0-100 km/jam                12,96             11,90             13,86
40-80 km/jam                 5,55               5,40               6,12
0-402 m                          18,72             18,20             19,20
Top Speed (km/jam)     180               185                 175

Ranger  : * * *
Navara  : * * * *
Tritron    : * *


AKOMODASI
Tunggu-tunggu, jangan bayangkan kami berusaha membawa kerbau di bak belakang, lo. Buat double cabin, akomodasi bisa ditengok dari dua sisi. Pertama sektor kabin penumpang. Mitsubishi Triton punya kabin paling lega baik buat penumpang depan maupun belakang. Meski tidak selega Triton, Navara punya ruang kaki lebih banyak buat penumpang belakang ketimbang Ranger.

Sedangkan urusan angkut mengangkut, kapasitas bak belakang Ranger dan Navara tergolong mirip. Bak Triton tidak sepanjang yang lain. Karena itu, Navara dianggap mampu mengakomodir penumpang, sekaligus barang. Sedangkan Ranger punya kelebihan pada kapasitas bak dan Triton lega di bagian kabin penumpang.

Ranger  : * *
Navarra : * * * *
Tritron     : * * *


STYLE

Tentukan dahulu area penggunaan double cabin yang akan dipakai. Beda tempat maka beda pula pilihannya. Jika hanya untuk pekerjaan seperti di pertambangan dan tak banyak jalan ke kota, bentuk konservatif Ranger bisa dipilih. Serba kotak, nyaris tak memperhatikan kesan cantik. Namun kalau mau untuk dipakai area perkotaan dengan sesekali ngeceng dan keluar masuk hotel masih dilayani valet parking, pilihannya pada Triton dan Navara.
   
Pasalnya kedua mobil ini memiliki bentuk muka yang trendi. Triton bisa dibilang cantik dengan lampu depannya yang nyaris bulat 100%. Sedang Navara memperlihatkan bentuk kejantanannya. Sangar dengan aksen krom besar dan lampu kotak.
   
Pada buritan bentuk Navara lebih ‘masuk’ untuk ukuran double cabin dibanding Triton. Lampu belakang Triton terasa aneh. Sedang untuk Ranger, konservatif layaknya mobil angkut biasa.

Ranger  : * *
Navara  : * * * *
Tritron    : * * *


KONSUMSI BBM
Semuanya peminum solar dengan teknologi mesin Common-rail dan dilengkapi dengan turbo dan intercooler yang menjdikannya lebih efisien. Di antara ketiganya, Nissan Navara peminum solar paling banyak, disusul oleh Mitsubishi Triton dan paling hemat diraih Ford Ranger, yang bermesin besar (3.000 cc), namun mampu mengkonsumsi bahan bakar setara mesin 2.500 cc.

Konsumsi BBM (liter/km)        Ranger      Navara      Triton
Dalam kota                                 1/9              1/7,5           1/9
Konstan 100 km/jam                1/14            1/12            1/16,7
Luar kota                                    1/12             1/9               1/12,5

Ranger   : * * *
Navara   : * *
Tritron     : * * * *


HARGA

Kala harga baru ketiganya disandingkan, varian paling mahal ditempati Nissan Frontier Navara seharga Rp 299,5 juta (on the road). Besutan yang dirancang untuk mengangkut beban seberat 975 kg ini, dibekali mesin diesel 2.488 cc DOHC berteknologi common rail turbo intercooler. Sementara Triton berada di tengah-tengah lewat price list Rp 295 juta. 

Sangat spesial adalah Ford Ranger yang hanya dibandrol Rp 289, 2 juta. Namun Anda sudah diberi bonus mesin 3.000 cc. Lo kenapa bukan yang 2.500 cc yang diturunkan dalam komparasi ini? Tentu karena kami berpatokan pada harga yang mendekati satu sama lain. Apalagi Ranger 2.500 cc D-Cab XLT cuma Rp 266,7 juta.

Mitsubishi Triton Exceed M/T
Rp 295 juta
Nissan Frontier Navara M/T Rp 299,5 juta
Ford Ranger XLT TDCi M/T Rp 289,2 juta

Ranger   : * * *
Navara   : *
Tritron    : * *


KESIMPULAN

Triton dan Navara sangat menonjol di komparasi kali ini. Triton yang punya ground clearance 235 mm, sangat kuat di sisi fitur dan konsumsi BBM. Sementara akomodasi, kenyamanan dan style menempel ketat Navara. Sang jagoan Nissan yang berkaki 220 mm dari tanah, sangat dominan pada akomodasi yang spacious, kenyamanan, performa dan style.
Beda keduanya sangat-sangat tipis dengan selisih  satu poin saja untuk kemenangan Navara. Ada joke diantara kru redaksi: untung komparasi ini bukan pilkada. Selisih poin yang sangat tipis bisa digoyang masa mengambang, operasi fajar hingga demo hitung ulang. Buat pecinta Ford, simak tabel skema perhitungan untuk detailnya.


Sayang perbandingan 3 dcab tsb kurang pas tuh...
karena transmisinya beda, harga tidak sekelas, sehingga kelengkapanyapun tentunya pasti gak sama. dcab yang di perbandingkan beda di transmisi : Navara AT, Ranger Tipe xlt 30 MT dan Triton Exceed MT.
Komen dari Dcabber bro axr:
gw rada kritis nih.. untuk semua mobil.. dalam semua katagori
sayang banget dmax ngak di ulas di sini karena dmax adalah dcab juga kali yah... dan di jual bebas juga..

katagori kenyamanan.. waktu kemarin kita coba triton (gath 7) dan waktu di jogja juga (gath 4)
kita semua dari dcabid nyoba.. dan setuju banget triton empuknya luar biasa di driver maupun di passenger (khususnya).. yang bawa navara pun mengakui kalau triton empuk banget... gw bisa recall 4-5 pembawa navara di sini bilang triton menang dalam keempukannya..

katagori fitur.. sayang banget cuma karena ada MID (multi information display) terus langsung di bilang triton pemenangnya.. kalau di liat dari fitur itu doank sih kok menjurus banget.. padahal di coba di liat dari fitur2 lainnya .. jadi gw ngak ngerti juga nih yang di maksut fitur itu apaan ama tim otomotif..

katagori akomodasi.. coba di liat.. navara itu sebetulnya biar di bilang bisa bawa 1.2 ton.. gw sendiri udah nyoba.. bawa 800kg aja udah ampir ngak napak tuh ban depan.. dan keliatan banget nungging mobilnya.. nandain ini mobil sebetulnya ngak kuat untuk angkat barang banyak.. ranger dalam hal ini semustinya di kasih credit lebih banyak.. karena di liat dari bawa barang aja ranger gw bilang paling bisa bawa banyak..
1. triton bak kecil, cabin luas
2. navara bak besar (tapi ngak kuat angkat 1 ton lebih), cabin semi luas
3. ranger bak besar, cabin semi luas

katagori performa.. oke navara menang.. fair and square. liat dari tenaga dan torsi aja udah keliatan..

katagori style.. semustinya kali ini ngak bisa di pilih yah.. ini mah suka2 orang kali yah hehehe

katagori konsumsi bbm.. ngak fair nih.. ranger di kasih ban M/T pasti lebih berat.. ini pasti effect ke konsumsi lah.. coba ranger di kasih ban standart.. kali bisa lebih dari itu scorenya...

katagori harga.. waduh.. navara paling mahal?? hehe yang bener aja mas.. pas di ulas di otomotif harga2nya sengini

1. navara a/t 309.5jt (w/ bed liner), 304.5jt (w/o bed liner) (top of the range)
1a. navara m/t ngak inget berapa keliatanya beda 10 jt dari harga di atas deh jadi 299.5jt dan 294.5jt (top of the range)
note sekarang sudah naik ke a/t 315jt dan m/t 305jt

2. triton a/t exceed 310jt (top of the range)
2a. triton m/t exceed 295jt (top of the range)
2b. triton gls m/t 280jt

3. ranger wildtrack m/t 311jt (top of the range)
3a. ranger xlt a/t 3.0 307jt
3b. ranger xlt m/t 295jt

oke gw sampe sini aja..
kesimpulannya.. silahkan di simpulkan sendiri.. CMIIW

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar